Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pembangunan Pelabuhan Labuan Bajo Terus Dikebut

Senin, 18 Januari 2021 – 18:50 WIB
Pembangunan Pelabuhan Labuan Bajo Terus Dikebut - JPNN.COM
Dermaga Pelabuhan Labuan Bajo. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, LABUAN BAJO - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terus melakukan percepatan pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu disampaikan Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer saat melakukan peninjauan langsung di lokasi proyek pembangunan pelabuhan pada Sabtu (16/1).

“Untuk percepatan proses pembangunan maka ada pembagian pembangunan yaitu sisi laut oleh Kementerian Perhubungan dengan pelaksana BUMN PT Brantas Abipraya dan untuk sisi darat dilakukan oleh Pelindo III dengan pelaksana PT Wijaya Karya,” terang Saefudin.

Secara keseluruhan pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo telah mencapai 85 persen.

Sejak awal Agustus 2020 perseroan bersama sejumlah pihak berkolaborasi sesuai kompetensi masing-masing untuk memacu percepatan pembangunan pelabuhan yang dilakukan secara bertahap.

Adapun pihak-pihak yang berperan dan berkontribusi dalam pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo yakni Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Dukungan yang kuat diberikan Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Terminal Multipurpose Labuan Bajo diharapkan mampu menjadi pendorong bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19 bagi kawasan yang ada di sekitarnya,” kata Saefudin.

Terminal Multipurpose Labuan Bajo nantinya akan melayani kegiatan pelayanan barang dan petikemas yang selama ini dilakukan di pelabuhan eksisting yang ada di tengah kota.

Dalam pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Pelindo III tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan kearifan lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close