Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pembatalan Pembelian Ancam Otomotif

Cancelled Order Capai 10 Persen

Jumat, 26 Desember 2008 – 02:08 WIB
Pembatalan Pembelian Ancam Otomotif - JPNN.COM
JAKARTA – Tantangan industri otomotif tampaknya makin berat. Selain proyeksi turunnya angka penjualan, kini industri kendaraan bermotor juga menghadapi ancaman pembatalan pembelian.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Bambang Trisulo mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi dari beberapa agen tungal pemegang merek (ATPM) terkait pembatalan pembelian. ’’Sudah ada informasi soal itu, kami akan terus pantau,’’ ujarnya ketika dihubungi Jawa Pos, Kamis (25/12).

Menurut Bambang, krisis finansial global yang mendera sejak pertengahan tahun ini membuat daya beli masyarakat turun, termasuk di sektor otomotif. ’’Faktornya banyak, mulai dari alasan efisiensi dengan menunda pembelian, ataupun karena ketatnya likuiditas yang membuat perusahaan pembiayaan makin selektif dan mengerem penyaluran kredit,’’ katanya.

Jelang akhir tahun ini, kata Bambang, Gaikindo memang terus memantau perkembangan pasar otomotif, termasuk gejala pembatalan pembelian yang dilakukan oleh konsumen yang sebelumnya sudah memasukkan order pembelian atau inden. Namun, dia mengakui, pihaknya belum mendapat data lengkap tentang angka pembelian yang dibatalkan atau cancelled order. ’’Datanya sedang kami kumpulkan, tapi saya harap tidak banyak,’’ ucapnya.

JAKARTA – Tantangan industri otomotif tampaknya makin berat. Selain proyeksi turunnya angka penjualan, kini industri kendaraan bermotor juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close