Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemda Jakarta Ajak Warga Mendukung Event Marathon Berkelas Dunia

Selasa, 18 Juni 2024 – 13:21 WIB
Pemda Jakarta Ajak Warga Mendukung Event Marathon Berkelas Dunia - JPNN.COM
Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, (23/6). Foto dok BTN

jpnn.com, JAKARTA - Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, (23/6).

Ajang ini dinilai akan membuat penduduk Jakarta semakin sehat dengan menggemari olahraga lari, sekaligus mengukuhkan identitas kota Jakarta sebagai kota metropolitan yang mendorong 'sports tourism' atau pariwisata berbasis olahraga.

Tidak banyak kota di Indonesia yang mampu mencapai status tersebut, apalagi dengan pengakuan dari masyarakat internasional.

Berdasarkan definisi UN Tourism, badan PBB yang menaungi kepariwisataan dunia, sports tourism merupakan jenis aktivitas pariwisata yang memberikan pengalaman berolahraga ataupun menyaksikan kompetisi olahraga kepada turis yang datang ke suatu tempat.

Pemprov Jakarta telah mempromosikan Jakarta sebagai kota yang mendorong sports tourism sejak beberapa tahun lalu, termasuk dengan kampanye Jakarta Sports Week, untuk menarik lebih banyak turis dari mancanegara maupun domestik.

Kali ini, dengan mengadakan BTN JAKIM 2024, Jakarta ingin menjadi kota yang tetap dikenal dunia, meskipun nantinya akan melepas statusnya sebagai ibukota negara setelah diambil alih oleh Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Salah satu kegiatan agar kota Jakarta itu tetap bisa dikenal dunia, maka kita harus melakukan kegiatan bertaraf internasional, salah satunya JAKIM,” kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono belum lama ini.

BTN JAKIM 2024 merupakan salah satu ajang lari marathon berkelas dunia dan diakui oleh badan atletik dunia, yakni World Athletics.

Pemprov Jakarta telah mempromosikan Jakarta sebagai kota yang mendorong sports tourism sejak beberapa tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close