Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemda Jateng Puji Keberhasilan Program Women Ecosystem Catalyst, Pelaku UMKM Sangat Terbantu

Senin, 10 Juni 2024 – 15:05 WIB
Pemda Jateng Puji Keberhasilan Program Women Ecosystem Catalyst, Pelaku UMKM Sangat Terbantu - JPNN.COM
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sumarno. Foto: dok Sampoerna.

jpnn.com, SEMARANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sumarno mendorong peningkatan pemberdayaan perempuan melalui berbagai kegiatan wirausaha.

Menurutnya, potensi perempuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayahnya cukup besar.

 "Lebih dari 60 persen pelaku UMKM adalah perempuan. Ini menunjukkan perempuan itu ulet, lebih tahan, dan semangatnya luar biasa," kata Sumarno di sela acara Final Day and Awarding Night Women Ecosystem Catalyst (WEC) di Openaire Resto Semarang, pekan lalu.

WEC merupakan program yang digagas PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui Payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) bersama Perkumpulan ImajinasiPenaja Mula dan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah.

Sumarno mengatakan Pemprov Jateng juga terus berupaya memfasilitasi pelaku UMKM agar bisa terus berkembang.

Salah satunya dengan menggelar event pameran, pelatihan, dan program lainnya dengan menggandeng Bank Indonesia, Sampoerna, maupun stakeholder terkait.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengapresiasi kegiatan WEC. Program ini dinilai bermanfaat mengajarkan perempuan wirausaha tentang pembuatan produk berkualitas, tata kelola keuangan bisnis, branding, perluasan jaringan pemasaran, dan lainnya.

"Hasil kegiatan ini dapat membangun ekosistem usaha yang baik. Nanti teman-teman juga akandihubungkan dengan para pengusaha-pengusaha yang sukses," katanya.

Program Women Ecosystem Catalyst dinilai bermanfaat mengajarkan perempuan wirausaha tentang pembuatan produk berkualitas, tata kelola dan keuangan bisnis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close