Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemda Kaltim Berpeluang Garap Blok Mahakam

Jumat, 12 Agustus 2011 – 02:49 WIB
Pemda Kaltim Berpeluang Garap Blok Mahakam - JPNN.COM
JAKARTA - Pemerintah Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) berpeluang masuk dalam pengelolaan di Blok Mahakam lewat penyertaan modal (participating interest) di blok tersebut. Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) mengatakan, setiap Pemda memiliki peluang berpartisipasi dalam pengelolaan industri hulu migas yang beroperasi di wilayahnya.

"Yang perlu diperhatikan adalah pembiayaannya karena industri migas butuh modal dan teknologi tinggi," ujar Priyono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (11/8).

Ia menyarankan, jika daerah berminat terlibat dalam sektor hulu migas, sebaiknya pada wilayah kerja yang telah berproduksi, karena resikonya lebih kecil ketimbang terlibat sejak tahap eksplorasi. Untuk pembiayaan, pemerintah daerah dapat menggandeng perbankan nasional. Harapannya, multiplier effect yang dihasilkan akan lebih besar.

Hanya, jangan sampai upaya keterlibatan daerah mengganggu iklim investasi. "Modal asing tetap diperlukan mengingat resiko sektor hulu migas sangat tinggi," katanya.

JAKARTA - Pemerintah Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) berpeluang masuk dalam pengelolaan di Blok Mahakam lewat penyertaan modal (participating interest)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close