Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemenang dan Pecundang saat Reshuffle Kabinet

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Senin, 17 Juli 2023 – 19:47 WIB
Pemenang dan Pecundang saat Reshuffle Kabinet - JPNN.COM
Budi Arie Setiadi mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara, Senin (17/7). Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Budi Arie menjadi menkominfo menggantikan Johnny G. Plate. Dalam pelantikan itu, Presiden Jokowi juga melantik lima wakil menteri. Foto: Antara/Desca Lidya Natalia

jpnn.com - Surya Paloh melakukan flexing politik dengan mengumpulkan puluhan ribu pendukungnya dalam Apel Siaga Partai NasDem di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (16/7).

Namun, hanya sehari berselang, Presiden Jokowi langsung merespons dengan mengumumkan reshuffle kabinet.

Reshuffle itu mengurangi jatah Partai NasDem di Kabinet Indonesia Maju, dari tiga menteri menjadi dua menteri saja.

The showdown atau persaingan terbuka tidak bisa dihindari. Dalam pidato politik di GBK untuk kali pertama, Surya Paloh mengritik Jokowi secara terbuka.

Selama ini ketua umum Partai NasDem itu berusaha menghindari kesan friksinya yang terbuka dengan Jokowi. Pernyataan normatif yang diulang berkali-kali oleh Surya Paloh ialah Partai NasDem akan tetap mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin sampai  masa jabatan pemerintahan saat ini tuntas.

Pekan lalu, Fraksi Nasdem di DPR RI menyatakan dukungannya atas pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan yang kontroversial. Dengan mendukung undang-undang itu Nasdem ingin menunjukkan loyalitasnya kepada Jokowi.

 Adapun PKS dan Partai Demokrat sebagai kompatriot Nasdem di barisan menolak RUU itu dengan melakukan walk out.

Hal paradoksal terjadi beberapa hari setelahnya. Partai NasDem menggelar apel siaga yang dimaksudkan sebagai show of force atau unjuk kekuatan terhadap Jokowi.

Tampaknya PDIP ditinggal oleh Jokowi dalam reshuffle ini. Selanjutnya tinggal menunggu the next showdown antara Jokowi vs Megawati sebagai supremo PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close