Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Diminta Tingkatkan Citra Indonesia Melalui Diplomasi Fesyen

Jumat, 12 Juli 2024 – 16:14 WIB
Pemerintah Diminta Tingkatkan Citra Indonesia Melalui Diplomasi Fesyen - JPNN.COM
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul Handrini Ardiyanti saat menjadi narasumber Talkshow bertajuk 'Comfesyen: Communication Through Fesyen' di Kemala Ballroom, Universitas Esa Unggul, Kamis (11/7/2024). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul Handrini Ardiyanti mengatakan industri fesyen Indonesia tak hanya kaya akan kreativitas, tetapi juga mengandung nilai-nilai budaya yang mendalam.

Dia menilai diplomasi budaya melalui industri fesyen mampu meningkatkan citra dan mengangkat identitas Indonesia di kancah global.

Menurut Handrini, seiring meningkatnya citra Indonesia, kebanggaan mengenakan busana yang mengangkat kekayaan budaya Indonesia dapat menjadikan Indonesia tak lagi menjadi pangsa pasar yang diekspansi dari luar seperti Harajuku dari Jepang dan fesyen Korea.

“Kekayaan budaya hasil karya desainer Hesandra Indonesia yang mengusung budaya Kalimantan ini dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pengembangan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Handrini saat menjadi narasumber Talkshow bertajuk 'Comfesyen: Communication Through Fesyen' di Kemala Ballroom, Universitas Esa Unggul, Kamis (11/7/2024).

Talkshow Comfesyen menghadirkan desainer Hesandra Indonesia dan Fanti Wahyu Nurvita.

Handrini berharap kegiatan 'Comfesyen' ini dapat memberikan dampak positif bagi industri fesyen Indonesia, baik dari segi peningkatan kreativitas maupun dalam memperkenalkan identitas budaya Indonesia kepada dunia internasional. 

“Kami juga berharap acara ini, sebagai wujud nyata semangat kolaborasi Universitas dengan dunia industri khususnya dalam mendukung potensi lokal dan memberikan inspirasi bagi generasi muda. Terutama, untuk membangkitkan industri fesyen yang mengusung kekayaan budaya Indonesia,” ujar Handrini yang juga Peneliti Pusat Riset Masyarakat dan Budaya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut.

Perhatikan UMKM Fesyen

industri fesyen Indonesia tak hanya kaya akan kreativitas, tetapi juga mengandung nilai-nilai budaya yang mendalam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA