Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Pemerintah Diminta Topang Dunia Properti Yang Terpuruk Gegara Pandemi

Minggu, 28 Juni 2020 – 20:24 WIB
Pemerintah Diminta Topang Dunia Properti Yang Terpuruk Gegara Pandemi - JPNN.COM
Bisnis Properti. Foto: dokumen pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Para pengusaha properti menyambut positif kebijakan pemerintah menerapkan era kenormalan baru (new normal), setelah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Para pengusaha mulai optimistis dunia properti akan kembali bergairah, setelah terpuruk gegara pandemi virus Corona (COVID-19).

"Era new normal membawa harapan sektor properti kembali menggeliat. Untuk perumahan bagi pemakai langsung kelas menengah ke bawah, masih ada prospek," ujar Chief Executive Officer (CEO) Anugerah Sejahtera Group (ASG) Benlis Butarbutar, di Jakarta, Minggu (28/6)

Menurut Benlis, pasar perumahan kelas menengah ke bawah bakal bergairah karena sebelum pandemi Covid-19, banyak calon pembeli sudah mempersiapkan dana untuk membeli rumah.

"Alasan lain, harga rumah juga lagi sangat murah. Cuma untuk investor masih wait and see," ucapnya.

Meski demikian, pria yang telah menangani lebih dari 14 proyek properti sejak 2008 ini menilai, peran pemerintah sangat penting di awal era kenormalan baru.

Misalnya, memberi dukungan melalui restrukturisasi kredit, mengurangi pajak PPN, PPh dan BPHTB selama 12 bulan. Hal tersebut dinilai cukup memberatkan konsumen dan developer

Pemerintah juga diharapkan membantu penyertaan modal/merger/akuisisi developer yang proyeknya masih layak dan yang memiliki landbank besar, yang tidak bisa dijual dalam waktu dekat karena pandemi Covid-19.

loading...