Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Gelontorkan Rp 72 Miliar untuk Bayar Influencer, Begini Respons DPR

Jumat, 28 Februari 2020 – 19:30 WIB
Pemerintah Gelontorkan Rp 72 Miliar untuk Bayar Influencer, Begini Respons DPR - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian merespons kebijakan pemerintah menggelontorkan dana ratusan miliar untuk menggenjot sektor wisata nasional. Di mana uang senilai Rp 72 miliar di antaranya akan dikucurkan untuk membayar influencer alias pendengung kelas dunia.

"Menurut saya hal itu sudah tepat. Pariwisata adalah sektor yang memiliki efek pengganda sangat besar. Jika sektor pariwisata turun, akan banyak sekali masyarakat yang terdampak negatif dan oleh karena itu langkah-langkah penyelamatan harus dilakukan," ucap Hetifah kepada JPNN.com, Jumat (28/2).

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 298,5 miliar untuk menggaet wisatawan mancanegara. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing yang saat ini lesu karena virus corona.

Duit ratusan miliar itu akan dialokasikan untuk airlines dan agent dalam bentuk diskon khusus atau insentif sebesar Rp 98,5 miliar. Anggaran promosi Rp 103 miliar, kegiatan turisme Rp 25 miliar, serta media relation dan influencer sebanyak Rp 72 miliar.

"Saya kira anggaran sebesar itu tidak tergolong besar untuk skala nasional. Jumlah ini tidak ada apa-apanya dengan dampak ekonomi dan devisa yang akan kita dapat," ucap politikus Golkar ini.

Sebagai catatan, Hetifah menyarankan agar pemerintah membuat skema cost-benefit. Dalam arti, berapa cost yang dikeluarkan pemerintah, dan berapa benefit yang diperkirakan akan didapatkan oleh masyarakat dalam satuan monter.

"Sebab, sektor pariwisata ditujukan sebagai penghasil devisa (income generating sector). Berbeda dengan pendidikan misalnya, yang benefitnya tidak bisa kita ukur dalam bentuk uang," kata dia.

Salah satu yang menjadi sorotan publik adalah adanya anggaran Rp 72 miliar untuk media dan influencer dalam mempromosikan pariwisata. Anggaran tersebut menurut Hetifah, merupakan strategi promosi yang efektif.

Menurut Hetifah Sjaifudian, kebijakan pemerintah menggelontorkan dana ratusan miliar untuk menggenjot sektor wisata nasional sudah tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close