Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Harus Berpartisipasi Penuhi Hak Informasi Perokok Dewasa

Minggu, 18 April 2021 – 20:50 WIB
Pemerintah Harus Berpartisipasi Penuhi Hak Informasi Perokok Dewasa - JPNN.COM
Ilustrasi. Rokok elektrik/vape. Foto Drake

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Konsumen Vape Indonesia (AKVINDO) mendesak pemerintah untuk mensosialisasikan informasi yang tepat mengenai produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL).

Pasalnya, minimnya informasi akurat mengenai produk HPTL menjadi salah satu penyebab belum terpenuhinya hak konsumen, terutama perokok dewasa, di Indonesia.

Ketua AKVINDO Paido Siahaan mengatakan, perokok dewasa memiliki hak dan perlu memperoleh informasi serta akses ke produk tembakau yang memiliki risiko lebih rendah daripada rokok.

Hal itu karena berkembangnya opini keliru di masyarakat tentang produk HPTL.

Faktanya, berdasarkan hasil kajian ilmiah, produk HPTL memiliki risiko yang jauh lebih rendah daripada rokok.

“Kami ingin berjuang bersama-sama agar masyarakat, khususnya perokok dewasa, agar mereka mendapatkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Seharusnya informasi yang beredar itu berdasarkan hasil kajian ilmiah, sehingga memiliki bukti yang vaild,” kata Paido. 

Paido menambahkan maraknya opini yang keliru itu lantaran belum banyaknya kajian ilmiah mengenai produk HPTL yang diinisiasi oleh pemerintah.

Oleh karena itu, pemerintah diharapkan bisa berpartisipasi aktif dengan melibatkan para pemangku kepentingan terkait, seperti peneliti, akademisi, dan asosiasi, untuk menginisiasi kajian ilmiah mengenai produk HPTL.

Pemerintah Indonesia bisa mempelajari kebijakan Pemerintah Inggris yang secara aktif melakukan sosialisasi informasi yang akurat megenai produk HPTL dan mendukung penggunaannya untuk mengurangi jumlah perokok di Inggris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close