Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Ingatkan Pemuda Antisipasi Perkembangan Teknologi dengan Baik

Selasa, 29 Oktober 2019 – 20:49 WIB
Pemerintah Ingatkan Pemuda Antisipasi Perkembangan Teknologi dengan Baik - JPNN.COM
Sekjen KLHK Bambang Hendroyono. Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan Hari Sumpah Pemuda selalu menjadi momen menggugah semangat para pemuda Indonesia untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Peringatan tahun ini yang mengangkat tema 'Bersatu Kita Maju' menjadi penanda bahwa persatuan para pemuda serta seluruh elemen bangsa di semua sektor, akan menjadi obor penyemangat menuju Indonesia maju.

"Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia," ujar Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Bambang menambahkan, Menpora berpesan agar di era teknologi tinggi saat ini pemuda Indonesia harus siap mengantisipasi segala hal positif dan negatif dari perkembangan teknologi.

Teknologi informasi menjadi salah satu penting diantisipasi, karena telah berkembang sangat pesat dan sudah menjadi bagian hidup manusia.

Teknologi informasi memiliki dua mata sisi yang harus disikapi dengan keberadaan pemuda Indonesia yang unggul. Satu sisi teknologi informasi memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme.

"Pengaruh negatif itu dapat masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara," imbuh Bambang.

Menpora, menurut Bambang, meminta peran lebih pemuda agar dalam menghadapi perkembangan teknologi di semua sisi kehidupan bangsa dapat bersaing dalam bentuk apa pun yang posistif. Pemuda menurutnya adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia.

Dirinya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda Indonesia yang mendunia. Hal ini akan selaras dengan nilai gerakan revolusi mental yang terus digaungkan Presiden Jokowi.

Di Hari Sumpah Pemuda, para pemuda Indonesia harus siap mengantisipasi segala hal positif dan negatif dari perkembangan teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close