Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Menjamin Perlindungan dan Keselamatan Tenaga Medis dalam Menangani Covid-19

Selasa, 22 September 2020 – 05:01 WIB
Pemerintah Menjamin Perlindungan dan Keselamatan Tenaga Medis dalam Menangani Covid-19 - JPNN.COM
Petugas medis menangani pasien saat simulasi penanganan pasien virus corona di RSUD Dokter Slamet Kabupaten Garut. Foto: ANTARA/Teuku Dedi Iskandar

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Airlangga Hartarto bertemu dengan perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di kantornya.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian menegaskan komitmen pemerintah memberikan perlindungan dan keselamatan tenaga medis dalam penanganan Covid-19.

"Perlindungan dan keselamatan tenaga medis dan tenaga kesehatan merupakan hal krusial untuk dijamin oleh negara. Pemerintah akan mengupayakan ketersediaan peralatan medis yang berkualitas dan pemeriksaan kesehatan rutin untuk melindungi tenaga medis dan tenaga kesehatan yang sedang memberikan layanan kesehatan dalam penanganan Covid 19," kata Menko Airlangga dalam akun pribadinya di Instagram, @airlanggahartarto_official.

Komitmen pemerintah menjamin keselamatan tenaga medis sejalan dengan prioritas pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat agar beriringan dengan pemulihan ekonomi.

"Hal ini sejalan dengan prioritas pemerintah untuk menguatkan sektor kesehatan terhadap tenaga medis dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Langkah ini sekaligus bertujuan agar sejumlah dukungan ekonomi pemerintah dapat berjalan tepat sasaran," ujarnya.

Menko Airlangga dan IDI juga sepakat dalam menekan rantai penyebaran Covid-19, memerlukan kesadaran dan kedisiplinan tinggi dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan menggencarkan Operasi Yustisi agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Kami juga sepakat perlunya peningkatan perubahan perilaku masyarakat dan kontrol sosial dari organisasi, LSM dan aparat hukum sebagai kunci untuk menekan angka penyebaran Covid 19. Kita semua berharap upaya percepatan penanganan Covid 19 dapat berjalan optimal, aman, dan efektif," imbuhnya.

Prioritas pemerintah untuk menguatkan sektor kesehatan terhadap tenaga medis dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close