Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Minta ASN Pemprov Sumut Menjaga Netralitas di Pemilu 2024

Rabu, 20 Desember 2023 – 17:48 WIB
Pemerintah Minta ASN Pemprov Sumut Menjaga Netralitas di Pemilu 2024 - JPNN.COM
Kemendagri bersama Pemprov Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat koordinasi di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan Petisah. Foto: Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kemendagri bersama Pemprov Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat koordinasi di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan Petisah, Rabu (13/12).

Rakor bertujuan mendukung prioritas pembangunan nasional dan sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah serta upaya menyukseskan pelaksanaan pemilu, pilkada, serta PON XXI pada tahun 2024 di Sumut dan Aceh.

Plh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Togap Simangunsong mengatakan pada tahun 2024 Provinsi Sumut akan melaksanakan dua agenda besar, yakni pemilu dan PON ke XXI Aceh dan Sumatera Utara.

"Pemilu serentak pada tahun 2024 merupakan agenda demokrasi terbesar di Indonesia. Provinsi Sumatera Utara dan Aceh akan menjadi tuan rumah PON ke-XXI yang merupakan penyelenggaraan pertama kalinya dilaksanakan bersamaan di dua provinsi. Khusus bagi Sumatera Utara ini merupakan penyelenggaraan PON yang kedua kali setelah di tahun 1953," katanya.

Togap juga menegaskan arahan terkait dengan persiapan dan pelaksanaan pemilu dan pilkada.

“Pemerintah pusat akan memperluas perannya, termasuk dalam persiapan pilkada untuk membantu KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraannya,” ujar dia.

Togap mengatakan dukungan pemerintah pusat dalam berbagai aspek penyelenggaraan, mulai dari penyusunan data kependudukan, pelaksanaan kampanye, percetakan dan distribusi logistik, hingga peran Linmas dalam menjaga ketertiban.

Netralitas ASN/PNS juga dijaga untuk memastikan proses pemilihan berlangsung adil dan transparan.

Indikator keberhasilan Pemilu 2024 dan pilkada, termasuk kelancaran proses, partisipasi pemilih yang tinggi, ketiadaan konflik yang dapat merusak persatuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close