Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemindahan Ibu Kota Belum Jelas, Masih Wacana

Jumat, 14 April 2017 – 05:47 WIB
Pemindahan Ibu Kota Belum Jelas, Masih Wacana - JPNN.COM
Kota Palangka Raya saat terjadi bencana kabut asap. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkra Raya, Kalteng, dianggap masih wacana, belum konkret.

Jika pemerintah serius merealisasikannya, tentu presiden segera mengutus anggota kabinet untuk melakukan pembahasan riil dengan DPR.

Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Gerindra Nizar Zahro menyatakan, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta merupakan langkah mustahil bagi pemerintah saat ini.

’’Menurut saya, itu tidak logis dan tidak mungkin,’’ kata Nizar dalam diskusi wacana pemindahan ibu kota negara di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (13/4).

Nizar menilai, sampai saat ini, wacana pemerintah itu sebatas pernyataan lisan. Kajian Bappenas terkait dengan pemindahan ibu kota negara juga belum jelas.

Karena itu, tidak masuk akal bila pemerintah ingin merealisasikan rencana pemindahan ibu kota.

’’Yang realistis saja, UU Nomor 29 Tahun 2007 masih jelas menyebut DKI Jakarta sebagai ibu kota negara. Kecuali, ada pengajuan UU. Itu baru serius,’’ tegasnya.

Anggota Komisi II DPR Achmad Baidowi mengakui, memindahkan ibu kota negara memang tidak sesederhana yang dibayangkan, tetapi bisa dilakukan.

Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkra Raya, Kalteng, dianggap masih wacana, belum konkret.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close