Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemkab Bogor Ingin Lanud Atang Sandjaja jadi Bandara Komersial

Rabu, 29 Januari 2020 – 23:08 WIB
Pemkab Bogor Ingin Lanud Atang Sandjaja jadi Bandara Komersial - JPNN.COM
Sejumlah anak sekolah melihat pesawat alutsista milik TNI AU di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor. Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya

jpnn.com, BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mendorong Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sandjaja (Ats) berubah status menjadi bandara komersial.

Sebagai tahap awal, Institut Pertanian Bogor (IPB) University mulai melakukan kajian.

"Kajian dilakukan untuk meneliti sejauh mana aksesibilitas Lanud Atang Sanjaya jika dijadikan bandara komersil, termasuk kajian mengenai efisiensi jarak dari maupun keluar Bogor melalui jalur udara," ujar Komandan Wing (Danwing) IV Ats Kolonel Pnb Andy Ferdinan Picaulima, usai rapat di Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (29/1).

Menurut dia, pihak Lanud Ats mendukung penuh keinginan dari Pemkab Bogor tersebut. Pasalnya, akan ada sejumlah keuntungan ketika Lanud Ats menjadi bandara komersil.

"Bisa meninggikan gairah ekonomi baru bagi masyarakat. Tentunya dengan didukung oleh sistem transportasi yang mumpuni," tuturnya.

Andy menjelaskan, panjang landasan pacu yang ada di Lanud Ats yaitu sepanjang 1.500 meter. Ketika diukur oleh ahli dari IPB, landasan tersebut masih memungkinkan untuk diperpanjang lagi 700 meter, sehingga panjangnya akan menjadi 2.200 meter.

Namun, dengan panjang 1.500 meter, landasan pacu sudah dapat digunakan untuk pesawat komersil jenis ATR-72 atau Bombardir dengan kapasitas 40-45 unit.

"2.200 meter itu nanti tergantung pesawatnya apa, misalnya Boeing yang kecil seharusnya bisa. Yang jelas ATR-72, Bombardir itu pasti bisa," kata Andy.

IPB University mulai melakukan kajian terhadap Lanud Atang Sandjaja untuk berubah menjadi bandara komersial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close