Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penanganan Obesitas dengan Menelan Kapsul Balon Tanpa Operasi, Pertama di Indonesia

Jumat, 07 Juli 2023 – 17:49 WIB
Penanganan Obesitas dengan Menelan Kapsul Balon Tanpa Operasi, Pertama di Indonesia - JPNN.COM
Dari kiri ke kanan: dr Irina Kurniadi, dr Ivan Wong, dr Nathania (Clinical Manager), Kate Blake (Medical Spesialis ANZ, dr Wong Founder Jakarta Slimming Center by Klinik Permata Dr Wong. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Penyakit metabolik seperti obesitas, diabetes melitus (sakit gula), tekanan darah tinggi, dislipidemia (gangguan kolesterol darah), dan komplikasinya yang mematikan kini telah mengintai masyarakat Indonesia.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018, dua dari sepuluh orang dewasa di Indonesia dan tiga dari 10 dewasa di DKI Jakarta mengalami obesitas.

Tidak jarang obesitas ini menimbulkan komplikasi penyakit yang mematikan seperti stroke dan penyakit jantung.

Dipl.Derm founder Jakarta Slimming Center by Klinik Permata Wong Dr. Wong menyatakan bahwa sebagai bentuk dari komitmen menurunkan kasus obesitas di Indonesia, Jakarta Slimming Center by Klinik Permata Wong menghadirkan teknologi terkini, yaitu Program Allurion.

Allurion berasal dari Amerika Serikat ini telah berada di 90 negara dan kini menjadi salah satu pilihan terapi obesitas untuk masyarakat Indonesia.

"Pelaksanaan Program Allurion yang pertama di Indonesia telah dijalankan di Jakarta Slimming Center by Klinik Permata Wong pada Rabu, 21 Juni 2023 dan klinik ini menjadi yang pertama di Indonesia yang mengaplikasikannya pada pasien," kata dia.

Clinical manager Jakarta Slimming Center Dr. Nathania S. Sutisna menyatakan bahwa balon lambung atau intragastric balloon merupakan salah satu metode penurunan berat badan yang telah terbuktisecara medis.

"Pilihan terapi ini dapat dipertimbangkan untuk pasien dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) diatas 27 kg/m2 atau dengan kondisi medis lain. Prinsip dari balon lambung yang berbahan dasar Polyurethane ini adalah dengan membuat perut terasa kenyang karena sebagian ruang pencernaan di lambung terisi dengan balon," katanya.

Penyakit metabolik seperti obesitas, diabetes melitus (sakit gula), tekanan darah tinggi, gangguan kolesterol darah telah mengintai masyarakat Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close