Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SPAN PTKIN Sudah Dimulai

Kamis, 24 Januari 2019 – 07:14 WIB
Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SPAN PTKIN Sudah Dimulai - JPNN.COM
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tahapan pendaftaran mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kemenag melalui jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN-PTKIN) dimulai Rabu (23/1).

Diawali pengisian pangkalan data sekolah-siswa (PDSS) dan sekaligus pendaftaran oleh siswa. Tahun ini ditargetkan jumlah pendaftar bisa tembus 250 ribu siswa.

Ketua Forum Pimpinan PTKIN Kemenag Babun Suharto menuturkan tahun lalu jumlah pelamar SPAN-PTKIN berkisar 218 ribu orang. ’’Tahun ini harapan kami bisa lebih dari 250 ribu pelamar,’’ katanya.

Babun mengatakan peluncuran SPAN-PTKIN di Jakarta hari ini rencananya dipimpin langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Rektor IAIN Jember itu mengingatkan supaya sekolah dan madrasah tidak lupa untuk mengisi PDSS SPAN-PTKIN. Caranya dengan mendaftar secara online melalui website www.span-ptkin.ac.id. Diantara dokumen yang disiapkan adalah sertifikat akreditasi dan SK kepala sekolah atau madrasah.

Babum menceritakan pengalaman tahun lalu, banyak siswa yang sebenarnya ingin mendaftar SPAN-PTKIN. Tetapi mereka harus kecewa karena tidak bisa mendaftar. Setelah ditelusuri, penyebabnya pihak madrasah atau sekolah tidak mengisi PDSS SPAN-PTKIN.

’’Ternyata dalam mindset sekolah atau madrasah, lebih familier dengan (PDSS, red) SNM PTN,’’ jelasnya.

Banyak sekolah yang mengira jika sudah mengisi PDSS SNMPTN, maka tidak perlu lagi mengisi PDSS SPAN-PTKIN. Padahal antara SNM PTN dengan SPAN-PTKIN Kemenag memiliki aplikasi PDSS masing-masing. Untuk itu sekolah yang sudah mengisi PDSS SNM PTN, tetap harus mengisi PDSS SPAN-PTKIN. Sehingga siswanya bisa ikut mendaftar SPAN-PTKIN 2019.

Pendaftaran mahasiswa baru PTKIN diawali pengisian pangkalan data sekolah-siswa (PDSS) dan sekaligus pendaftaran oleh siswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close