Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pendaftaran PPPK 2024 & CPNS Sebentar Lagi, Beragam Isu Panas Menanti

Sabtu, 27 Juli 2024 – 06:58 WIB
Pendaftaran PPPK 2024 & CPNS Sebentar Lagi, Beragam Isu Panas Menanti - JPNN.COM
Massa honorer K2 unjuk rasa menuntut diangkat menjadi CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pernyataan dua pejabat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menjadi indikasi kuat bahwa pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024 akan segera dibuka.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pembahasan Rancangan PP Manajemen ASN saat ini menuju titik akhir, yakni masuk tahapan pengajuan harmonisasi ke Kementerian Hukum dan HAM.

Perlu diketahui bahwa salah satu substansi PP Manajemen ASN ialah mengenai penataan non-ASN, yang berkaitan dengan pengangkatan honorer jadi PPPK.

Nah, regulasi yang memuat hal teknis seleksi PPPK 2024 dan CPNS 2024 harus mengacu pada aturan yang lebih tinggi, yakni PP Manajemen ASN.

Dengan kata lain, PermenPAN-RB yang mengatur hal teknis pengadaan CASN 2024, harus mengacu pada PP Manajemen ASN sebagai turunan UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

Biasanya, merujuk seleksi CASN tahun-tahun sebelumnya, nantinya akan ada PermenPANRB tentang pengadaan PPPK 2024, PermenPANRB tentang pengadaan CPNS 2024, dan PermenPANRB tentang pengadaan PPPK guru 2024.

Plt. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) KemenPAN-RB Aba Subagja menyampaikan bahwa posisi Rancangan PermenPAN-RB tentang pengadaan CASN 2024 saat ini sudah ada di Kemenkumham untuk proses pengundangan.

"PermenPAN-RB pengadaan CPNS 2024 dan PPPK 2024 proses pengundangan," kata Aba Subagja kepada JPNN.com, Kamis (25/7).

Beragam isu panas berpotensi muncul menjelang pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024 yang akan segera dibuka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA