Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penderita Diabetes Hati-Hati Baca Label Natural di Komposisi Makanan, Ini Kata Dokter

Kamis, 21 April 2022 – 11:55 WIB
Penderita Diabetes Hati-Hati Baca Label Natural di Komposisi Makanan, Ini Kata Dokter - JPNN.COM
Makanan yang sehat harus mengandung sayuran dan buah guna membatasi lemak larut dan karbohidrat olahan, terutama gula, untuk menghindari diabetes. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Diabetes merupakan salah satu di antara delapan penyakit utama yang mengakibatkan kematian pada orang dewasa.

Diabetes dapat memicu kemungkinan dua kali lebih besar terkena serangan jantung. 

"Usia 30-40 tahun membiasakan deteksi dini guna mengetahui ada atau tidaknya faktor penyebab diabetes," kata dr. Ketherine Sp.PD., Kamis (21/4).

Dia menjelaskan, diabetes menjadi penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, amputasi tungkai bawah, dan beberapa akibat jangka panjang yang membuat mutu hidup manusia lebih rendah.

Ketherine juga menambahkan, rumor yang menyatakan penderita diabetes harus melakukan diet khusus adalah informasi yang cukup menyesatkan.

Faktanya adalah diet khusus atau makanan sehat bermanfaat bagi siapa pun, termasuk orang dengan diabetes. 

"Pola makanan sehat harus mengandung biji-bijian, sayuran dan buah, menghindari lemak trans, dan membatasi lemak larut dan karbohidrat olahan, terutama gula," ujar dokter spesialis penyakit dalam di Siloam Hospitals Sriwijaya ini.

Ketherine juga meminta masyarakat agar berhati-hati seputar mitos yang menyatakan makanan ramah diabetes dan bebas gula.

Dokter spesialis penyakit dalam mengingatkan penderita diabetes agar berhati-hati membaca label natural di komposisi makanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close