Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penderita HIV/AIDS di Dunia Meningkat Pesat

Hanya Sepertiga Penderita Miliki Akses Pengobatan

Rabu, 21 Juli 2010 – 05:05 WIB
Penderita HIV/AIDS di Dunia Meningkat Pesat - JPNN.COM
WINA – Jumlah penderita HIV/AIDS di dunia terus melejit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, jumlah penderita AIDS yang membutuhkan obat antiretroviral untuk sekedar bertahan hidup meningkat dari 1,2 juta pada akhir tahun lalu, menjadi 5,2 juta.

WHO juga mencatat bahwa antara 2003 hingga 2010, jumlah pasien yang membutuhkan pengobatan antiretroviral juga meningkat hingga 12 kali lipat. "Kami terdorong dengan peningkatan ini. Peningkatan ini memang yang terbesar yang kami lihat dalam satu tahun," beber Gottfried Hirnschall, Direktur Departemen HIV/AIDS di WHO kepada AP, kemarin.

Menurut Hirnschall, lonjakan itu karena meningkatnya akses pengobatan di seluruh dunia, terutama di kawasan sub-Sahara di Afrika. WHO menyuguhkan data baru pada konferensi AIDS internasional di ibu kota Austria, Wina yang dihadiri ribuan pakar.

Mantan Presiden AS, Bill Clinton yang tampil sebagai keynote speaker pada acara itu menyatakan, lima juta penderita AIDS di dunia yang diobati itu baru sepertiganya saja dari jumlah penderita yang sesungguhnya membutuhkan poengobatan. "Kita tidak bisa mengakhiri epidemik ini tanpa dua hal, yaitu lebih banyak dana dan perubahan yang sesengguhnya dalam memanfaatkannya," ujar Clinton.

WINA – Jumlah penderita HIV/AIDS di dunia terus melejit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, jumlah penderita AIDS yang membutuhkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close