Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pendidikan Pancasila jadi Mata Pelajaran Wajib di Sekolah

Selasa, 19 November 2019 – 04:53 WIB
Pendidikan Pancasila jadi Mata Pelajaran Wajib di Sekolah - JPNN.COM
Pendidikan Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib di sekolah. Ilustrasi Foto: radar Madiun

jpnn.com, JAKARTA - Pendidikan Pancasila akan dikembalikan lagi sebagai mata pelajaran wajib di sekolah.

Untuk membahas rencana tersebut, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) segera bertemu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

"Dalam waktu dekat, Kemendikbud dan Kemenag, insya Allah akan kita (BPIP, red) ajak ketemuan. Sebab, Pendidikan Pancasila tidak hanya pada materi pendidikan Pancasila-nya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPIP Prof Hariyono, di Jakarta, Senin (18/11).

Hariyono mengatakan hal tersebut saat Pembekalan Materi Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Penceramah, Pengajar, dan Pemerhati, di Hotel Borobudur, Jakarta.

Hariyono mengatakan Pancasila jangan hanya diajarkan secara verbal, tetapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya juga harus dikenalkan dengan cara yang baik.

Jadi, kata dia, muncul penghormatan dan penghargaan terhadap budaya-budaya yang berbeda, misalnya orang Aceh pakaiannya berbeda dengan daerah lain itu karena kebudayaan.

"Tidak mungkin Pancasila itu bisa terwujud jika tidak diperjuangkan, sebagaimana yang disampaikan oleh Ir Soekarno pada pidato 1 Juni 1945, Pancasila baru saja jadi realita kalau ada perjuangan," katanya.

Akan tetapi, kata dia, Pancasila bukan hanya diperjuangkan, melainkan juga harus diajarkan sehingga BPIP terus mendorong Kemendikbud untuk memasukkan lagi Pancasila jadi mata pelajaran wajib.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP mendorong agar Pendidikan Pancasila menjadi mata pelajaran wajib di sekolah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close