Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penembakan Las Vegas, Standar Keamanan Konser Jadi Sorotan

Rabu, 04 Oktober 2017 – 13:57 WIB
Penembakan Las Vegas, Standar Keamanan Konser Jadi Sorotan - JPNN.COM
Penonton konser musik terbuka Route 91 Harvest di Las Vegas berhamburan ketika terdengar suara tembakan dari senjata otomatis, Minggu (1/10) malam. Foto: AFP/David Becker

jpnn.com, LAS VEGAS - Penembakan di tengah konser Route 91 Harvest Festival di Las Vegas Strip pada Minggu malam (Senin WIB, Red) sungguh menyisakan trauma mendalam.

Penembakan itu terjadi selang empat bulan setelah insiden bom bunuh diri di konser Ariana Grande di Manchester, Inggris, Mei lalu.

Publik ketakutan. Event hiburan makin mudah menjadi ladang pembantaian.

Berdasar analisis organisasi yang bergerak di manajemen acara publik, Crowd Management Strategies, acara hiburan live (konser, gala premiere, dan sejenisnya) adalah lubang hitam dalam masalah keamanan.

Ada figur kuat seperti musisi dan ribuan penonton yang berkumpul. Apalagi jika acara hiburannya diadakan secara outdoor. Penonton menjadi target mudah terorisme.

’’Deretan kasus –mulai Manchester, Bataclan, dan lainnya– menunjukkan banyak promotor yang gagal menyediakan persiapan darurat, keamanan, dan pengendalian massa yang layak,’’ tegas Paul Wertheimer, ketua organisasi tersebut, sebagaimana dikutip USA Today.

Wertheimer menyebut, salah satu kunci penyebab tingginya jumlah korban adalah seat plan untuk kelas festival. Tidak ada lorong maupun penunjuk arah.

Konsentrasi penonton di area itu juga tinggi. ’’Seluruh penonton (di kelas festival, Red) keluar bersamaan tanpa arahan dan petunjuk,’’ ujarnya.

Seringnya ajang hiburan jadi sasaran teror memunculkan wacana perombakan standar keamanan event hiburan

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close