Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengadaan Jet Tempur Mirage Diduga Malaadministrasi, Menhan Prabowo Diadukan ke Ombudsman RI

Selasa, 13 Februari 2024 – 11:15 WIB
Pengadaan Jet Tempur Mirage Diduga Malaadministrasi, Menhan Prabowo Diadukan ke Ombudsman RI - JPNN.COM
Menhan Prabowo saat mencoba jet tempur Mirage 2000-5 yang dibeli dari Qatar. Ilustrasi Foto: Dok Kemenhan

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan mengadukan dugaan malaadministrasi pengadaan jet tempur Mirage bekas di Kementerian Pertahanan (kemenhan) ke Ombudsman RI pada Senin (12/2).

Salah satu poin yang menjadi sorotan koalisi masyarakat sipil adalah penunjukan langsung PT. Teknologi Militer Indonesia (PT TMI) dalam proyek itu oleh Menhan Prabowo Subianto. Pelaporan diwakili oleh PBHI, ICW, dan Imparsial.

"Laporan ini dilakukan sebagai respons beredarnya surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan yang berisi informasi mengenai pendirian perusahaan, salah satunya PT TMI untuk proyek alutsista, di mana pejabatnya ditunjuk langsung oleh Prabowo," kata Koordinator ICW Agus Sunaryanto.

Agus lantas membeberkan sejumlah alasan koalisi melaporkan dugaan malaadministrasi tersebut di Ombudsman RI.

Pertama, penunjukkan PT TMI secara langsung diduga kuat sebagai tindakan malaadministrasi yang menyalahi peraturan perundang-undangan terkait Industri Pertahanan.

Dalam ketentuan UU Industri Pertahanan disebutkan bahwa apabila pengadaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) atau Alutsista belum dapat dipenuhi oleh Industri Pertahanan, maka dapat diusulkan kepada Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) sebagai lembaga penyelenggara industri pertahanan di Indonesia dan dilaksanakan berdasarkan ketetapan KKIP.

Namun, lanjutnya, surat yang dikeluarkan justru menunjuk langsung PT TMI yang dalam hal ini adalah pihak ketiga (swasta) di kegiataan pengadaan alutsista tanpa proses pengusulan kepada KKIP dan juga adanya penetapan dari KKIP.

"Padahal, KKIP sendiri terdiri dari 11 (sebelas) Kementerian/Lembaga yang perlu bermusyawarah dalam mengeluarkan ketetapan pengadaan Alpalhankam," ucap Augs.

Koalisi masyarakat sipil mengadukan Menhan Prabowo Subianto ke Ombudsman RI terkait dugaan malaadministrasi pengadaan jet tempur Mirage bekas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close