Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengakuan Mengejutkan Honorer Tua Lepas dari Jeratan Calo CPNS, Transaksi Miliiran Rupiah

Senin, 31 Januari 2022 – 14:29 WIB
Pengakuan Mengejutkan Honorer Tua Lepas dari Jeratan Calo CPNS, Transaksi Miliiran Rupiah - JPNN.COM
Sukarjo, guru honorer K2 dari Kabupaten Blora menceritakan bagaimana dirinya lepas dari jeratan calo CPNS. Foto dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calo CPNS makin merajalela. Mereka menyasar honorer usia kritis yang tidak memungkinkan lagi diangkat PNS.

Salah satu honorer tua yang selamat dari jeratan calo pun memberikan kesaksian. Sukarjo, guru honorer K2 dari Kabupaten Blora menceritakan bagaimana keinginannya menjadi PNS.

Sukarjo tidak sendiri, ada banyak sesama honorer K2 kut dalam suatu forum yang misinya mencapai status PNS tanpa tes. Bukan hanya guru, tenaga kependidikan, dan teknis lainnya ikut masuk dalam forum tersebut.

Awalnya Sukarjo mengaku yakin akan menjadi PNS karena sejumlah oknum menyatakan kenal dekat dengan pejabat di Kantor Staf Presiden (KSP). 

"Orangnya mengaku pernah membantu bidan desa PTT usia 35 tahun ke atas menjadi PNS," kata Sukarjo kepada JPNN.com, Senin (31/1).

Sukarjo menyebutkan, regulasi yang digunakan adalah PP 48 Tahun 2005 dan PP 56 Tahun 2012. Oknum calo itu mengiming-imingi honorer tua bahwa regulasi itu masih hidup dan akan digunakan untuk mengangkat CPNS dari honorer K2 tua.

Menurut Sukarjo, untuk meyakinkan honorer K2, oknum tersebut memberikan contoh pengangkatan bidan desa PTT lewat Keppres. 

"Para oknum itu mengaku merekalah yang menjembatani hingga akhirnya diangkat PNS," ucapnya.

Seorang honorer tua menceritakan bagaimana dirinya lepas dari jeratan calo CPNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close