Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Apresiasi Rencana Besar Arinal Membangun Jalur Kereta di Tengah Tol dan 2 Pelabuhan Baru

Sabtu, 31 Agustus 2024 – 16:05 WIB
Pengamat Apresiasi Rencana Besar Arinal Membangun Jalur Kereta di Tengah Tol dan 2 Pelabuhan Baru - JPNN.COM
Jalur Kereta Api Indonesia (KAI). Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik Universitas Lampung (Unila) Vito Prasetya mengapresiasi rencana besar calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membangun jalur kereta api di tengah tol dari Bakauheni ke Palembang dan penambahan dua pelabuhan baru.

Menurut Vito, dua rencana besar Arinal tersebut akan mendorong geliat aktivitas ekonomi baru di Provinsi Lampung dan  membuka lapangan kerja yang besar bagi masyarakat.

“Itu kan sudah ada kereta Lampung-Palembang, maksimalkan juga yang ada, dibuat jadi double track. Tentu saja, hal ini harus juga melibatkan kerja sama dengan pihak KAI,” kata Vito Frasetya, Sabtu (31/08/2024).

Menanggapi rencana pembangunan dua pelabuhan baru, menurut Vito, dapat menyokong aktivitas Pelabuhan Bakauheni yang sangat padat.

Vito juga menyarankan agar dibuatkan pelabuhan atau dermaga khusus jalur logistik dan orang dengan fasilitas yang baik sesuai kebutuhan masing-masing segmen.

“Untuk pelabuhan, itu harus dikhususkan. Misalnya, dermaga untuk mobil pribadi, bus, dan angkutan barang seperti truk. Maksimalkan yang ada, dan harganya mesti dibedakan. Koordinasi dengan ASDP harus diperkuat,” ujar Vito.

Vito meyakini rencana Arinal Djunaidi bisa diwujudkan, sebab diklaim sudah mendapat dukungan dari para investor untuk merealisasikan pembangunan itu.

Meski begitu, Vito menyarankan agar cagub yang didukung oleh PDIP itu juga memberikan perhatian serius kepada hal-hal yang mendesak, seperti pembangunan infrastruktur dan pendidikan.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Lampung (Vito Prasetya mengapresiasi rencana besar Cagub Lampung Arinal Djunaidi membangun jalur kereta api dan tol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA