Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Menebak Hasil Pertemuan Meja Makan Jokowi

Pengamat: Cawapres Jokowi Mengerucut pada Nama 3 M

Selasa, 24 Juli 2018 – 18:11 WIB
Pengamat: Cawapres Jokowi Mengerucut pada Nama 3 M - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan enam Ketua Umum Partai Politik koalisi pendukung Pemerintah di Istana Keprisidenan Bogor, menghasilkan satu nama calon wakil presiden pendamping Joko Widodo pada pilpres 2019 mendatang.

Merespons nama cawapres tersebut, Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari memprediksi salah satu nama dari tiga tokoh nasional akan maju sebagai Cawapres Joko Widodo di antaranya Mahfud MD, Moeldoko, Ma’ruf Amin.

"Kemungkinan cawapres Jokowi mengerucut pada salah satu dari 3 M: Mahfud, Moeldoko, Maruf Amin,” ujar Qodari kepada wartawan, Selasa (24/6/2018).

Qodari berpendapat, tiga nama tokoh itu memenuhi lima kriteria sebagai pendamping Joko Widodo. Pertama, berasal dari kalangan non-parpol, kedua, dapat menjawab isu SARA, ketiga berusia senior, disetujui oleh Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri dan terakhir sesuai kebutuhan Joko Widodo.

“Mengapa non-parpol, karena jika Pak Jokowi memilih cawapresnya dari orang parpol, parpol lain bisa cemburu," Urai Qodari.

Partai-partai politik, kata Qodari, sedang mengincar efek “ekor jas” untuk meningkatkan suara partainya. Jika Presiden Joko Widodo memilih cawapres dari figur salah satu partai politik dalam koalisinya, risikonya adalah perpecahan internal koalisi.

Menurut Qodari, kriteria kedua adalah figur yang dapat menjawab pertanyaan seputar isu SARA yang sering digunakan sebagai senjata oleh lawan-lawan politik Presiden Joko Widodo.

Syarat ini bisa dipenuhi oleh figur dari dua kalangan. “Kalau enggak hijau santri, ya hijau TNI-Polri. Kira-kira begitu, hijaunya hijau militer-lah,” ujar Qodari.

M Qodari memprediksi salah satu nama dari tiga tokoh nasional akan maju sebagai Cawapres Jokowi yakni Mahfud MD, Moeldoko, dan Ma’ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close