Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Dukung Langkah Tegas Jokowi untuk Menggebuk Mafia Tanah

Selasa, 23 Agustus 2022 – 15:40 WIB
Pengamat Dukung Langkah Tegas Jokowi untuk Menggebuk Mafia Tanah - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait skema Kaisar Sambo dan Konsorsium 303. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Syafuan Rozi mendukung langkah tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk gebuk atau memberantas mafia tanah.

Menurut Syafuan, pemberantasan mafia tanah yang dikomandoi Marsekal TNI (Pur) Hadi Tjahjanto diyakini dapat membuat para mafia gentar.

Namun, kata dia, mencermati modus para mafia yang cukup canggih, maka diperlukan bantuan teknologi untuk lebih memaksimalkan peranannya.

“Jadi, bagus-bagus saja, Menteri ATR-BPN yang berlatar belakang TNI tegas, tidak tergiur disuap karena punya nasionalisme, disiplin, bisa membuat para mafia gentar,” kata Syafuan, Selasa (23/8/2022).

Syafuan mengusulkan harus ada alat bantu teknologi untuk bisa berhadapan dengan mafia tanah yang kuat sekali secara finansial ini.

Menurut dia, pemerintah harus memaksimalkan Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Tanah, yang merupakan tim gabungan antara Kementerian ATR/BPN dengan Polri dalam mengungkap kasus-kasus mafia.

Selain itu, Syafuan juga mendorong pemerintah untuk membuat sistem informasi dengan menggunakan teknologi semacam blockchain yang memuat tentang kode-kode keaslian dari sertifikat tanah sehingga tidak mudah dipalsukan.

“Pertanahan agraria kami dorong untuk menggunakan teknologi semacam blockchain, semacam kalau sertifikat tanah itu kan bisa dibuat seperti aslinya. Nah, tetapi kalau dengan teknologi blockchain itu ada kode-kodenya yang hanya diketahui oleh kementerian pertahanan dan pihak yang memiliki tanah dan itu yang bisa membuat para mafia tanah tidak bisa memalsukan surat tanah itu untuk itu level pembuktian ketika jual beli,” jelasnya.

Pengamat kebijakan publik dari BRIN Syafuan Rozi mendukung langkah tegas Presiden Jokowi untuk gebuk atau memberantas mafia tanah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close