Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Dukung Wacana Erick Thohir Soal Sister Club di Luar Negeri

Sabtu, 01 Juli 2023 – 18:53 WIB
Pengamat Dukung Wacana Erick Thohir Soal Sister Club di Luar Negeri - JPNN.COM
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendorong setiap klub di Liga 1 Indonesia ke depannya mempunyai sister club (klub partner) dari luar negeri. Baik itu dengan klub Eropa, klub Amerika Latin ataupun dengan klub Asia.

Rencana Erick Thohir dengan adanya sister club bisa menjadi tolok ukur bagi setiap klub yang ada di Liga 1 Indonesia.

Bahkan, lewat sister club ini juga bisa menjadi bahan pembelajaran bagi setiap klub, mulai dari pengelolaan, pembinaan atlet muda dan bahkan fasilitas.

Menanggapi rencana ketua umum PSSI ini, Pengamat Sepak Bola Nasional Juprianto mengatakan, rencana atau wacana yang sedang dibangun oleh Erick Thohir sangat positif untuk pengembangan klub-klub di Indonesia agar lebih profesional.

“Menurut saya, ini wacana yang positif. Artinya memang paling tidak juga klub-klub bisa belajar untuk bagaimana mengelola sepak bola atau klub mereka agar lebih profesional,” kata Juprianto kepada wartawan, Sabtu (1/7).

Menurut Juprianto, sejauh ini sistem pengelolaan klub di Indonesia belum seperti klub-klub luar yang profesional dan mandiri.

Untuk itu, lewat wacana sister club ini bisa membawa perubahan dalam pengelolaan klub yang profesional, termasuk pengelolaan bisnis klub.

“Kalau kita lihat kan yang penting adalah bagaimana sekarang klub-klub ini bisa lebih mandiri, artinya bisa juga mengelola bisnisnya mereka dengan baik," ungkapnya

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendorong setiap klub di Liga 1 Indonesia ke depannya mempunyai sister club (klub partner) dari luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close