Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat: Integritas Pegawai Pajak Sudah Terbangun, Ada Contoh Riilnya

Jumat, 03 Maret 2023 – 13:04 WIB
Pengamat: Integritas Pegawai Pajak Sudah Terbangun, Ada Contoh Riilnya - JPNN.COM
Pengamat perpajakan Erwin Indriyanto menilai integritas pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) kini makin meningkat. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat perpajakan Erwin Indriyanto menilai integritas pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) kini makin meningkat.

Menurutnya, jika ada yang nakal, baginya, hanya segelintir.

"Kalaupun ada (pegawai pajak tidak berintegritas, red), sekarang itu tidak banyak. Itu kita sebut oknum. Saya Ketua Tax Center Unas. Dulu, kalau kerja sama dengan Pajak, mereka masih mau terima (uang) kalau kita minta menjadi narasumber, sekarang sudah tidak mau," tuturnya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (3/3).

Erwin juga mencontohkan bentuk pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) saat ini pun sangat berbeda.

Jika dulu KPP jadi tempatnya lobi-lobi agar wajib pajak (WP) bernegosiasi agar pajak yang dibayarkan rendah, sekarang, sudah berbeda.

Sekat-sekat antara WP dan petugas kini dibuat setengah badan sehingga setiap orang bisa melihat dan menimbulkan kecurigaan ketika terjadi negosiasi besaran pajak.

"Jadi, integritas pegawai pajak Kemenkeu sudah terbangun. Ini contoh riilnya," sambungnya.

Selain itu, penyetoran pajak saat ini dilakukan dengan transfer melalui bank. Kebijakan tersebut memperkecil terjadinya penyimpangan oleh petugas di KPP.

Pengamat perpajakan Erwin Indriyanto menilai integritas pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) kini makin meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close