Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat: Masyarakat Indonesia Seharusnya Memberi Kesempatan kepada Arsul Sani

Jumat, 22 Maret 2024 – 17:36 WIB
Pengamat: Masyarakat Indonesia Seharusnya Memberi Kesempatan kepada Arsul Sani - JPNN.COM
Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru Arsul Sani (kedua kiri) bersama Hakim MK yang baru Ridwan Mansyur (kiri) menyapa karyawan MK usai mengikuti pisah sambut Hakim MK di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (18/1/2024). Foto: ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Ujang Komarudin angkat bicara terkait gugatan hasil pemilu dan pelibatan Hakim Konstitusi Arsul Sani dalam penanganan sengketa Perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurutnya, masyarakat Indonesia seharusnya memberi kesempatan kepada Arsul Sani terlepas dari latar belakangnya dahulu pernah jadi kader PPP.

Mencermati kritikan beberapa tokoh terkait persoalan tersebut, Ujang mengatakan ada lima catatan yang bisa disampaikannya.

Pertama, bicara soal Pak Arsul Sani yang dianggap tidak boleh memimpin sidang, itu berlebihan. Kenapa? Karena bagaimanapun yang bersangkutan sudah dilantik dan sudah tercatat sebagai Hakim Konstitusi.

"Artinya punya hak, punya kewenangan, punya tanggung jawab untuk bisa memimpin jalannya persidangan karena punya hak yang sama dengan anggota anggota yang lain," ujarnya.

Kedua, terkait adanya conflict of interest karena latar belakangnya sebagai politisi juga tidak perlu dikhawatirkan.

"Pak Arsul Sani bukanlah satu satunya hakim, banyak hakim yang turut serta bersidang dengannya," ujarnya.

Artinya conflict of interest itu tidak akan terjadi, karena Pak Arsul Sani tidak sendirian, dia di damping oleh hakim-hakim yang lain, bahkan hakim-hakim yang lain lebih mayoritas, lebih banyak.

Masyarakat Indonesia seharusnya memberi kesempatan kepada Arsul Sani terlepas dari latar belakangnya dahulu pernah jadi kader PPP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close