Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Sebut Adian Cemas dan Geram Gegara Jokowi Dukung Prabowo

Minggu, 18 Juni 2023 – 23:30 WIB
Pengamat Sebut Adian Cemas dan Geram Gegara Jokowi Dukung Prabowo - JPNN.COM
Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP - PDI Perjuangan) Adian Napitupulu. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP - PDI Perjuangan) Adian Napitupulu yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan loyal kepada partai di Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat politik dari Citra Institute Efriza menilai di balik pernyataan Adian itu justru ada kekhawatiran Jokowi tidak loyal dalam upaya pemenangan Ganjar.

"Adian sebenarnya dalam kata kalimat awalnya sudah menyatakan, saya yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan loyal terhadap PDI Perjuangan dalam pemilihan presiden 2024. Ini kalimat yang menunjukkan Jokowi tidak total mengupayakan pemenangan Ganjar dan PDIP di Pilpres 2024 ini," kata Efriza kepada wartawan.

Menurutnya, Adian sebagai wakil koordinator tim relawan pemenangan Ganjar sedang resah lantaran elektabilitas jagoannya yang selalu bertengger di deretan teratas justru anjlok. Sebaliknya, elektabilitas Prabowo semakin menanjak, bahkan terlihat hubungan Prabowo dan Jokowi semakin harmonis.

"Adian cemas, oleh capres dari kubu koalisi seberang yang sedang berada dalam pemerintahan," ucapnya.

Sebaliknya, Efriza melihat Prabowo sebagai menteri dalam kabinet Jokowi turut mendapatkan peningkatan elektabilitas dari persepsi positif masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Ini yang dikhawatirkan Adian secara tidak langsung.

Dia menjelaskan, pernyataan Adian yang berbentuk nasehat, kritik, cemas, dan geram keluar karena sejumlah faktor. Pertama, karena elektabilitas Ganjar anjlok. Kedua, elektabilitas Prabowo semakin meningkat.

Ketiga, Jokowi tidak terlihat di publik turut berusaha membantu meningkatkan elektabilitas Ganjar. Keempat, Prabowo dengan tim kampanyenya pandai dalam strategi politik.

Pengamat politik dari Citra Institute Efriza menilai di balik pernyataan Adian itu justru ada kekhawatiran Jokowi tidak loyal dalam upaya pemenangan Ganjar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close