Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Transportasi Minta Aparat Tindak Truk Odol Selama PPKM Darurat

Senin, 12 Juli 2021 – 18:58 WIB
Pengamat Transportasi Minta Aparat Tindak Truk Odol Selama PPKM Darurat - JPNN.COM
Polda Metro Jaya tambah lokasi penyekatan menuju Jakarta selama PPKM Darurat. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat transportasi sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengimbau kepada aparat penegak hukum untuk menindak truk logistik apabila membawa muatan berlebihan.

Menurut Djoko, meski kendaraan logistik diprioritaskan melintas selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, namun, bukan berarti mereka menolerir muatan lebih dan menggunakan kendaraan berdimensi lebih atau over dimensions and overloading (Odol) di jalan.

"Bukan berarti di masa PPKM Darurat kendaraan truk Odol semena-mena berseliweran di jalan raya dengan alasan angkut logistik, sehingga pelanggaran muatan dan berdimensi lebih dapat ditolerir," kata Djoko dalam siaran persnya, Senin (12/7).

Di Indonesia, kata Djoko, lebih dari 90 persen pemilik barang berkontrak dengan pengusaha pengangkut barang yang memiliki armada berdimensi lebih.

Sementara mayoritas armada truk yang berdimensi lebih tidak memiliki surat uji berkala (kir) resmi.

Dia juga mengatakan, pengusaha pemilik barang dan pengusaha kendaraan barang sudah ada unsur kesengajaan melakukan pelanggaran muatan lebih menggunakan kendaraan yang berdimensi lebih.

"Pelanggaran muatan atau Odol di jalan berdampak terhadap rusaknya infrastruktur jalan sehingga kinerja keselamatan dan kelancaran lalu lintas menurun," ungkap Djoko.

Jika hal seperti dibiarkan terus menerus maka akan berdampak terhadap kelancaran distribusi logistik.

Pengamat transportasi mengimbau kepada aparat penegak hukum untuk menindak truk yang membawa logistik dengan muatan berlebihan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close