Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengembangan Desa Wisata menjadi Kunci Membangun Fondasi Kekuatan Negara

Kamis, 21 Oktober 2021 – 12:12 WIB
Pengembangan Desa Wisata menjadi Kunci Membangun Fondasi Kekuatan Negara - JPNN.COM
Ketua Bidang Pariwisata DPP PDI Perjuangan Wiryanti Sukamdani mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak desa wisata yang punya potensi luar biasa. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bidang Pariwisata DPP PDI Perjuangan Wiryanti Sukamdani mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak desa wisata yang punya potensi luar biasa. 

Menurut Wiryanti, desa wisata berpotensi luar biasa itu perlu mendapatkan sedikit sentuhan agar kualitasnya makin meningkat.

"Saya mempercayai selain mengasah potensi yang dimiliki sebuah desa wisata, pembangunan dan pengembangan menuju desa wisata yang maju dan mandiri membutuhkan anggaran," kata Wiryanti dalam webinar “Penganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata” di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/10). 

Menurut Wiryanti, meskipun saat ini pemerintah sudah memberikan sejumlah anggaran dana desa, namun dana itu tersebut tak serta merta digunakan hanya untuk pembangunan dan pengembangan desa wisata. 

Wiryanti menambahkan webinar ini bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kepala daerah bahwa ada lebih dari 74 ribu desa di Indonesia, dan sekitar 7.400 di antaranya ialah desa wisata. 

Menurutnya, tidak ada desa yang identik. 

Setiap desa, kata Wiryanti, memiliki potensi yang menjadi daya tariknya masing-masing. 

“Maka pengetahuan tentang pengelolaan anggaran pengembangannya menjadi kunci penting untuk pengembangan desa wisata yang mandiri, tangguh dan berdaya saing," katanya. 

Ketua Bidang Pariwisata DPP PDIP Wiryanti Sukamdani mengatakan memanfaatkan dan mengembangkan potensi desa wisata merupakan salah satu kunci penting membangun fondasi kekuatan negara dari desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close