Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penghapusan Honorer, Masalah Ini yang Bikin Edison Khawatir

Senin, 20 Juni 2022 – 09:52 WIB
Penghapusan Honorer, Masalah Ini yang Bikin Edison Khawatir - JPNN.COM
Anggota DPRD Maluku Edison Sarimanela meminta payung hukum pelibatan pihak ketiga menyusul rencana penghapusan honorer 2023. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, AMBON - Anggota DPRD Maluku Edison Sarimanela mengingatkan kebijakan pemerintah soal penghapusan tenaga honorer mulai 2023 jangan malah menimbulkan masalah baru.

Hal itu disampaikan Edison lantaran pemerintah berencana melibatkan pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhan pegawai non-ASN menggantikan tenaga honorer, yakni melalui skema tenaga alih daya atau outsourcing.

"Dengan keterlibatan pihak ketiga jangan sampai tidak menyelesaikan persoalan tetapi malahan menimbulkan masalah baru," kata Anggota komisi I DPRD Maluku itu di Ambon, Sabtu (18/6).

Edison mengatakan mekanisme dan kebijakan yang diambil pemerintah dalam menyelesaikan persoalan tenaga honorer harus berkeadilan.

Namun, dia menilai pelibatan pihak ketiga juga masih kabur sehingga perlu dibuat regulasi yang jelas sebagai payung hukum dalam menentukan pihak ketiganya.

"Kemarin, penjabat wali kota Ambon sebut honorer pemkot akan diatur oleh pihak ketiga, maka perlu juga ada gambaran soal masalah itu untuk menentukan siapa saja yang menjadi pihak ketiga," bebernya.

Menurut Edison, diperlukan adanya kepastian hukum dalam penyelesaian masalah honorer yang sudah lama mengabdi kepada negara di daerah masing-masing.

"Harus ada regulasi yang pasti sebagai payung hukum untuk menentukan siapa saja yang bisa menjadi pihak ketiga dalam pengaturan honorer agar mereka tidak terombang-ambing," tutur Edison.

Anggota DPRD Maluku Edison Sarimanela meminta payung hukum ini harus disiapkan menyusul rencana penghapusan honorer 2023 agar tidak menjadi masalah baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close