Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengumuman Terkini dari BMKG Terkait Siaga Tsunami Maluku, Mohon Tetap Waspada!

Selasa, 10 Januari 2023 – 06:08 WIB
Pengumuman Terkini dari BMKG Terkait Siaga Tsunami Maluku, Mohon Tetap Waspada! - JPNN.COM
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memberikan pengumuman soal peringatan dini tsunami akibat gempa bumi Maluku. Foto: Ricardo/Dokumentasi JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati resmi mengakhiri peringatan dini siaga tsunami akibat gempa bumi Maluku.

Sebelumnya, terjadi gempa bumi dengan magnitudo 7,5 di pantai utara Maluku Barat Daya pada pukul 00.47 WIB, Selasa (10/1).

BMKG menyatakan peringatan dini tsunami diakhiri berdasarkan proses permodelan dan pengamatan pada area yang terdampak oleh gempa.

"Setelah dua jam dikeluarkannya peringatan dini tsunami, maka BMKG mengakhiri peringatan dini tersebut. Namun kami tegaskan bahwa peringatan ini bukan dicabut, hanya diakhiri. Kami imbau agar masyarakat tetap waspada dan tetap beraktivitas seperti biasa," kata Dwikorita dalam keterangan resminya.

Peringatan dini tsunami tersebut dinyatakan telah berakhir pada pukul 3.43 WIB.

Dwikorita menjelaskan berhentinya peringatan dini tersebut didasarkan pada standar perhitungan waktu kedatangan tsunami hingga dua jam setelah peristiwa gempa.

Selain itu, melalui pemantauan kenaikan titik muka air laut di empat lokasi, dipastikan tidak terjadi kenaikan secara signifikan.

"Berdasarkan observasi dengan metode 'tide gauge' di empat lokasi sekitar gempa yaitu Seira, Adaut, Lirang, dan Larat tidak menunjukkan adanya anomali atau perubahan tinggi muka air laut yang signifikan," katanya.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memberikan pengumuman soal peringatan dini tsunami akibat gempa bumi Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close