Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penjabat Gubernur Jateng Ingatkan ASN Bersikap Netral Saat Pilkada Serentak 2024

Kamis, 06 Juni 2024 – 16:37 WIB
Penjabat Gubernur Jateng Ingatkan ASN Bersikap Netral Saat Pilkada Serentak 2024 - JPNN.COM
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memberikan sambutan pada acara pelantikan ribuan ASN di lingkungan Pemprov Jateng pada Rabu, 5 Juni 2024. Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengingatkan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Jawa Tengah agar bersikap netral dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.

“Kita mau menghadapi pilkada. Penekanan kami jelas bahwa seluruh ASN harus netral. Tidak boleh masuk dalam partai dan berkampanye,” kata Nana Sudjana seusai melantik ribuan ASN di lingkungan Pemprov Jateng pada Rabu (5/6/2024).

Nana mengatakan netralitas ASN harus tetap dijaga. Berbagai langkah seperti sosialisasi, penandatanganan surat netralitas ASN dan pakta integritas akan terus dilakukan. Upaya itu juga dilakukan saat Pemilu 2024 lalu.

"Upaya kami sudah maksimal saat Pilpres dan Pileg kemarin. Kami akan maksimalkan juga selama Pilkada nanti," kata Nana.

Terkait apa saja jenis pelanggaran netralitas ASN, Nana menyatakan masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Ketika sudah ditentukan maka sosialisasi akan gencar dilakukan.

"Yang jelas kami akan menindak tegas jika ada ASN yang sudah melewati jalur yang dilarang. Kami sudah buktikan pada Pilpres dan Pileg lalu,  ada beberapa ASN yang mendapat sanksi kode etik dan sanksi tegas lainnya," kata Nana.

Sementara itu, terkait ASN yang akan ikut serta dalam kontestasi Pilkada 2024, sesuai aturan harus mengundurkan diri dari statusnya sebagai ASN. Terutama ketika yang bersangkutan ditetapkan sebagai peserta atau calon dalam Pilkada.

"Ketika ada ASN mau mencalonkan diri, maka harus mengundurkan lebih dahulu. Ini sudah ada aturannya," ungkap Nana.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengingatkan kepada seluruh ASN di Provinsi Jawa Tengah agar bersikap netral dalam perhelatan Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close