Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penuh File Rahasia, Ini Penjelasan soal Pandora Papers

Rabu, 06 Oktober 2021 – 19:44 WIB
Penuh File Rahasia, Ini Penjelasan soal Pandora Papers - JPNN.COM
Ilustrasi, Pandora Papers membongkar keserakahan, kecurangan, penipuan, dan kejahatan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Sebanyak 11,9 juta file tersembunyi berisi dokumen rahasia beberapa orang terkaya dan terkuat di dunia terungkap dalam Pandora Papers.

The Guardian melaporkan baru-baru ini bahwa file rahasia tersebut berasal dari perusahaan di Panama, Dubai, Monako, Swiss, dan Kepulauan Cayman yang disewa oleh klien yang terdiri dari tokoh terkaya dan ternama.

Pandora Papers mengekspos urusan luar negeri yang melibatkan 35 pemimpin dunia, keuangan rahasia milik lebih dari 300 pejabat publik lainnya dari sekitar 90 negara.

Tidak hanya itu, 100 miliarder juga ditampilkan dalam data yang bocor seperti selebritas, bintang rock, dan pemimpin bisnis.

"Banyak yang menggunakan perusahaan cangkang untuk menyimpan barang-barang mewah seperti properti dan kapal pesiar, serta rekening bank yang disamarkan," tulis keterangan The Guardian.

Bukan hanya itu, barang antik Kamboja, lukisan Picasso, hingga mural Banksky juga masuk ke dalam harta yang disembunyikan.

Pandora Papers mengungkapkan keuangan rahasia yang membuka informasi tentang operasi agar orang terkaya di dunia bisa menyembunyikan kekayaan tanpa membayar pajak.

Saat ini, Pandora Papers bocor ke International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) di Washington.

Pandora Papers menjadi perbincangan karena mengungkapkan berbagai rahasia terkait beberapa tokoh-tokoh penting dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close