Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penulis dan Pegiat Tulis Buku Kebaya Kaya Gaya, Ada Pesan Khusus

Senin, 05 Agustus 2024 – 10:41 WIB
Penulis dan Pegiat Tulis Buku Kebaya Kaya Gaya, Ada Pesan Khusus - JPNN.COM
Atie Nitiasmoro (kiri), penggagas penulisan buku Kebaya Kaya Gaya---Selaras Mengikuti Zaman untuk menambah literasi tentang kebaya di Indonesia. Foto dok. Atie

jpnn.com, JAKARTA - Lima Pegiat kebaya dan penulis berkolaborasi menulis buku Kebaya Kaya Gaya-Selaras Mengikuti Zaman untuk menambah literasi tentang kebaya di Indonesia.

Buku setebal 200 halaman ini ditulis oleh Atie Nitiasmoro, Indiah Marsaban, Rini Kusumawati, Tingka Adiati dan Elvy Yusanti.

Sebagai penggagas, Atie mengatakan buku ini sebagai wujud kegembiraan ditetapkannya Hari Kebaya Nasional oleh Presiden Jokowi melalui Keppres Nomor 19 Tahun 2023.

Buku ini juga untuk mendokumentasikan kisah panjang perjuangan ratusan perempuan yang tergabung dalam berbagai komunitas mengampanyekan kebaya kembali menjadi pakaian sehari-hari perempuan Indonesia.

"Ditetapkannya Hari Kebaya Nasional bermula dari harapan para pegiat kebaya yang tak kenal lelah mengampayekan kebaya menjadi pakaian sehari-hari perempuan Indonesia  sekaligus menjadi perekat persatuan nasional," ujar Atie, Senin (5/8). 

Data Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan Indonesia terdiri dari 1.340 suku dan sub suku serta 718 bahasa daerah. 

Atie yang juga anggota Timnas Pengajuan Hari Kebaya Nasional mengungkapkan, gerakan berkebaya yang digaungkan lebih dari 10 tahun ini,  tidak hanya mengingatkan untuk melestarikan  budaya bangsa, tetapi juga sekaligus memberi multiplier effect bagi perekonomian Indonesia.

Permintaan akan kebaya meningkat pesat pada designer dan UMKM yang sebagian besar pelakunya adalah perempuan. 

Penulis & pegiat menulis Buku Kebaya Kaya Gaya untuk menambah literasi tentang kebaya di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA