Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penurunan BI Rate Bisa Menahan Risiko Perlambatan Ekonomi

Jumat, 08 Mei 2009 – 07:50 WIB
Penurunan BI Rate Bisa Menahan Risiko Perlambatan Ekonomi - JPNN.COM
JAKARTA - Pelonggaran kebijakan moneter yang ditempuh Bank Indonesia (BI) melalui penurunan suku bunga acuan (BI rate) dinilai telah sejalan dengan upaya menahan risiko perlambatan ekonomi. Risiko itu dinilai lebih utama dibandingkan risiko kenaikan harga.

''Walau secara undang-undang independen dan memang tugasnya adalah menjaga stabilitas harga, BI melihat saat ini risiko lebih besar dari sisi growth dan kesejahteraan ketimbang harga. Karena itu, BI melihat, ketika ekspektasi inflasi turun, berarti bisa menurunkan suku bunganya jadi 7,25 persen,'' kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Kamis (7/5).

Menurut Menkeu, upaya mengatasi risiko perlambatan ekonomi, meningkatnya pengangguran serta kemiskinan masih menjadi topik penting dan prioritas. Di sisi lain, seiring dengan harga komoditas, inflasi juga terus menurun.

Sri Mulyani mengatakan, saat ini masih harus dilihat apa penurunan suku bunga bisa memiliki efek putaran kedua. Misalnya, adanya pengalihan dana masyarakat penabung yang mencari alat investasi dengan imbal hasil lebih baik. ''Makanya, mulai masuk, apakah beli ke saham, ke capital market. Ini semua akan mendorong uang beredar untuk masuk ke sektor lebih produktif,'' ujar Menkeu.

JAKARTA - Pelonggaran kebijakan moneter yang ditempuh Bank Indonesia (BI) melalui penurunan suku bunga acuan (BI rate) dinilai telah sejalan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA