Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peran Penting Farmasi di Balik Kesembuhan Pasien, Menjaga Mutu dan Keamanan Penggunaan Obat

Minggu, 16 Juni 2024 – 17:13 WIB
Peran Penting Farmasi di Balik Kesembuhan Pasien, Menjaga Mutu dan Keamanan Penggunaan Obat - JPNN.COM
. Ilustrasi laboraturium farmasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Di balik hiruk pikuk kesibukan rumah sakit, terdapat sebuah departemen yang memainkan perankrusial dalam proses penyembuhan pasien yaitu instalasi farmasi.

Lebih dari sekadar penyedia obat, farmasi di rumah sakit memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan mutu dan keamanan obat yang digunakan pasien.

Menyelami Fungsi Vital Farmasi Rumah Sakit

Farmasi rumah sakit tidak hanya berfokus pada penyiapan dan pemberian obat kepada pasien. Lebih dari itu, departemen ini memiliki beberapa fungsi vital seperti dilansir pafikapuashulu.org di antaranya: 

• Perencanaan dan Pengadaan Obat: Farmasi bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengadakan obat-obatan, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai yang dibutuhkan rumah sakit. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan pasien, jenis penyakit, dan ketersediaan anggaran.

• Penyiapan Sediaan Farmasi: Farmasi rumah sakit memiliki staf apoteker dan teknisikefarmasian yang terlatih untuk menyiapkan berbagai sediaan farmasi, seperti obat racikan, obat puyer, dan kapsul.

• Penyimpanan dan Distribusi Obat: Obat-obatan yang telah disiapkan disimpan dengan carayang tepat dan aman sesuai dengan karakteristiknya. Farmasi juga bertanggung jawab untuk mendistribusikan obat kepada pasien di berbagai bangsal dan klinik di rumah sakit.

• Pelayanan Informasi Obat: Apoteker di farmasi rumah sakit siap memberikan informasi dan edukasi kepada pasien tentang penggunaan obat yang benar dan aman. Hal ini termasuk menjelaskan efek samping obat, interaksi obat, dan cara penyimpanan obat yang tepat.

Farmasi bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengadakan obat-obatan, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai yang dibutuhkan rumah sakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close