Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peran Penting Perhutani Sebagai BUMN di Program Dekarbonisasi 2060

Kamis, 03 Februari 2022 – 21:11 WIB
Peran Penting Perhutani Sebagai BUMN di Program Dekarbonisasi 2060 - JPNN.COM
Perum Perhutani dukung program dekarbonisasi 2060. Foto: Perhutani

jpnn.com, JAKARTA - Perum Perhutani berperan penting dalam mendukung langkah awal Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mewujudkan program zero emission/dekarbonisasi pada 2060 atau Nationally Determined Contribution (NDC).

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan pihaknya sangat serius dalam upaya penerapan dekarbonisasi.

Bahkan, pada 2021 Kementerian BUMN telah melakukan beberapa inisiatif termasuk memiliki Project Management Office (PMO) khusus yang mengkoordinasikan beberapa BUMN, yaitu PTPN III, PT Pupuk Indonesia, PT Pertamina, MIND ID, PT PLN, PT Semen Indonesia, PT BKI, dan Perum Perhutani karena dinilai dapat bersinergi.

"Peran Perhutani dan PTPN menjadi penting dalam program ini, sebab di satu sisi merupakan BUMN produsen emisi dan di satu sisi memberikan Nature Based Climate Solutions," ujar Pahala dalam siaran persnya, Kamis (3/2).

Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro menyatakan pihaknya sebagai BUMN yang bergerak di bidang kehutanan akan mendukung program pemerintah dan berperan untuk mengurangi dekarbonasi di kawasan hutan Indonesia.

"Sesuai dengan mandat dari Kementerian BUMN, Perum Perhutani akan serius dan fokus dalam mengurangi emisi karbon sehingga target pemerintah Indonesia dalam penurunan emisi GRK (Gas Rumah Kaca) sebesar 29 persen pada 2030 dapat tercapai," tegas Wahyu.

Indonesia juga telah mematok target untuk mencapai net zero emission atau nol emisi karbon pada 2060 atau lebih cepat.

Dia mengatakan sektor kehutanan dan pertanian, selain sektor energi dan transportasi, merupakan sektor prioritas dalam program dekarbonisasi.

Perum Perhutani mendukung langkah awal BUMN untuk mewujudkan progran dekarbonisasi 2060.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close