Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perbankan Siap Pacu Kredit Sektor Migas

Kamis, 20 November 2008 – 15:42 WIB
Perbankan Siap Pacu Kredit Sektor Migas - JPNN.COM
KALANGAN perbankan menyambut positif tiga rekomendasi BPMigas. Dirut Bank Mandiri Agus Martowardoyo yang juga Ketua Ikatan Banker Indonesia mengaku siap menjalin kerjasama dengan industri migas. ''Ini merupakan langkah strategis untuk menghadapi krisis ekonomi global,'' ujarnya.

Menurut Agus, ada dua poin penting dalam tiga rekomendasi BPMigas terkait dengan perbankan nasional. Pertama, kewajiban KKKS menggunakan jasa perbankan nasional. ''Dengan nilai perputaran dana besar, itu akan memperkuat reserve (cadangan) dan juga balance of payment (neraca pembayaran) perbankan nasional,'' katanya.

Dia yakin perusahaan migas tidak ragu dengan kemampuan perbankan nasional. Apalagi, indikator perbankan nasional cukup bagus. Misalnya, capital adequate ratio (CAR) 17 persen, loan to deposit ratio (LDR) 79 persen, dan nonperforming loan (NPL) di bawah 5 persen. Itu menunjukkan kondisi perbankan nasional masuk kategori sehat. ''Bahkan, jauh lebih sehat dibandingkan mayoritas perbankan asing di luar negeri,'' paparnya.

Terkait imbauan agar perbankan nasional bersedia menyalurkan lebih banyak kredit ke sektor migas, Agus mengaku akan mempertimbangkan. ''Intinya, kami siap bekerja sama,'' ucapnya.

KALANGAN perbankan menyambut positif tiga rekomendasi BPMigas. Dirut Bank Mandiri Agus Martowardoyo yang juga Ketua Ikatan Banker Indonesia mengaku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close