Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Percepat Pembangunan Desa, Kemendes PDTT dan UINSU Medan Jalin Kerja Sama

Selasa, 13 Juni 2023 – 15:13 WIB
Percepat Pembangunan Desa, Kemendes PDTT dan UINSU Medan Jalin Kerja Sama - JPNN.COM
Kepala BPSDM Kemendes PDTT Luthfiyah Nurlaela (ketiga kiri) dan Kepala Pusat LPPM UINSU Medan Hasan Sazali (ketiga kanan) menandatangi perjanjian kerja bersama dalam pengembangan kapasitas SDM, pemberdayaan masyarakat desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi melalui Program MBKM, Selasa (13/6). Foto: Dokumentasi Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, MEDAN -  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan untuk mendukung percepatan pembangunan desa.

Kerja sama yang disepakati melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) serta perjanjian kerja bersama (PKB) tersebut untuk mendukung percepatan pembangunan desa.

“Sinergi antara Kemendes PDTT dan UINSU Medan yang kami tanamkan saat ini adalah untuk memberikan dampak positif pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Luthfiyah Nurlaela, Selasa (13/6).

Luthfiyah menyebutkan banyak hal yang dapat dilakukan UINSU Medan khususnya dalam membantu mempercepat pembangunan desa.

Salah satunya adalah bergabung dengan perguruan tinggi desa (Pertides), yaitu forum rektor dari berbagai kampus.

Melalui Pertides, lanjut Luthfiyah, UINSU Medan dapat terlibat aktif bersama kampus-kampus lainnya berkiprah dan berkontribusi positif dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Dia menjelaskan MoU dan PKB antara Kemendes PDTT dengan UINSU Medan bertujuan untuk menyelenggarakan pengembangan kapasitas SDM dan pemberdayaan masyarakat desa melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kegiatan tersebut, antara lain berupa program pengabdian masyarakat, yakni UINSU Medan dapat mengirimkan mahasiswa yang kuliah kerja nyata (KKN) ke desa-desa untuk mendampingi para kepala desa, khususnya di Sumatera Utara.

Kemendes PDTT dan UINSU Medan sepakat menjalin kerja sama dalam mempercepat pembangunan desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close