Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perempuan Atikoh dan Bakoh, Indonesia Pasti Kokoh

Kamis, 28 Desember 2023 – 14:06 WIB
Perempuan Atikoh dan Bakoh, Indonesia Pasti Kokoh - JPNN.COM
Siti Atikoh Supriyanti, istri capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo, mengikuti Senam Cinta Tanah Air (Sicita) bersama ratusan ibu-ibu di Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023). Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, MAGELANG - Istri capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, menyatakan kaum perempuan Indonesia harus kuat. Alasannya, kaum perempuan merupakan tiang kekuatan negara.

Mbak Atik -panggilan akrab Atikoh- menyatakan itu saat mengikuti Senam Cinta Tanah Air (Sicita) dan Rambut Putih bersama hadapan ratusan ibu-ibu di Lapangan Kwarasan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023) pagi.

“Kita sebagai perempuan harus bakoh. Bakoh, tahu (atau) enggak, Bu? Kuat!” kata Atikoh.

Pernyataan Atikoh pun langsung disambut sorak-sorai raturan peserta senam.

Atikoh menambahkan perempuan merupakan tiang suatu negara. Cucu pendiri Pesantren Riyadus Sholikhin Kalijaran Purbalingga K.H. Hisyam A Karim itu menegaskan negara akan kuat jika kaum perempuannya juga tangguh.

"Kalau perempuannya bakoh, maka negaranya itu juga akan menjadi kuat, atiqoh, bakoh. Ibu-ibu semua juga harus seperti itu, karena kita menjadi tiangnya negara," ujar Mbak Atik.

Atikoh (huruf 'k' ditulis dengan qaf) merupakan kata dalam bahasa Arab. Menurut kamus Al-Munjid Fil Lughah Wal A'lam, Atikoh dengan huruf pertamanya ain (abjad ke-18 hijaiah) bisa bermakna unik atau cantik.

Namun, Atikoh yang ditulis dengan ain panjang sebagai abjad pertama berarti perempuan yang merdeka.

Siti Atikoh menyatakan kaum perempuan Indonesia harus kuat karena kaum perempuan pula yang menjadi tiang kekuatan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close