Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Capai 200 Ribu per Hari

Rabu, 04 Maret 2020 – 19:30 WIB
Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Capai 200 Ribu per Hari - JPNN.COM
Suasana Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan meski terjadi wabah corona di sejumlah negara, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, masih berskala besar mencapai 200.000 penumpang per hari.

"Iya sih menurun, tapi skalanya masih dalam ratusan ribu, pergi dan terbang. Di Soekarno-Hatta, setiap hari ada 200.000 pergi dan datang," kata Awaluddin saat ditemui pada Acara BUMN Performane Excellence Award 2020 di Jakarta, Rabu (4/3).

Menurut Awaluddin, penghentian sementara penerbangan dari dan menuju China sejak 5 Februari lalu, serta penundaan penerbangan dari dan menuju Jeddah serta Madinnah sejak 27 Februari 2020, tidak membuat jumlah wisatawan menurun secara signifikan.

"Jadi kalau cuma China ditutup, umrah yang mungkin ditunda, itu masih di atas seratusan ribu, baik penerbangan internasional maupun domestik. Ini masih jadi fokus yang kami kawal dengan baik," kata dia.

Badan Pusat Statistik (BPS) melansir bahwa wabah Covid-19 atau virus corona sejak minggu terakhir Januari 2020, mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China ke Indonesia.

Sebelumnya, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti memaparkan, pada Januari 2020 kunjungan wisman asal China mengalami kenaikan 1,4 persen jika dibandingkan Januari 2019.

Namun, kenaikan tersebut jauh lebih rendah dibanding kenaikan pada Januari 2019 yang sebesar 73,01 persen jika dibandingkan Januari 2018.

"Ini karena ada dua hal, yaitu Imlek dan Covid-19. Tetap terjadi kenaikan karena ada Imlek, namun naiknya jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu karena ada Covid-19," kata Yunita.

Penghentian penerbangan dari dan menuju China serta penghentian umrah tidak membuat jumlah wisatawan menurun secara signifikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close