Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati Hari Pabean Internasional, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Donor Konvalesen

Selasa, 26 Januari 2021 – 17:41 WIB
Peringati Hari Pabean Internasional, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Donor Konvalesen - JPNN.COM
Bea Cukai Jawa Tengah Daerah Istimewa Yogyakarta menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang menggelar donor plasma konvalesen. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, SEMARANG - Bea Cukai Jawa Tengah Daerah Istimewa Yogyakarta menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang menggelar donor plasma konvalesen dalam rangka peringatan Hari Pabean Internasional 2021, yang digelar di kantor PMI Kota Semarang 25-29 Januari 2021.

"Kali ini ada 22 pegawai di lingkungan Kanwil Jateng DIY yang turut serta," kata Kepala Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Jateng DIY F. Masdiani.

Ia menyampaikan, pada peringatan Hari Pabean Internasional kali ini Bea Cukai tak hanya berperan pada tugas dan fungsi pokok saja.

"Namun Bea Cukai juga peduli dan berkontribusi dalam penanganan pandemi melalui kegiatan ini," jelasnya.

Konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien yang pernah terdiagnosa positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh dari infeksinya selama 14 hari.

Serta ditandai dengan pemeriksaan swab menggunakan RT-PCR sebanyak satu kali dengan hasil negatif.

Plasma tersebut kaya akan antibodi poliklonal yang dapat ditranfusikan kepada pasien yang sedang terjangkit Covid-19, sebagai salah satu upaya pemberian terapi imun pasif dengan segera.

Salah seorang pendonor, Felicita Virdha, menjelaskan tentang alur proses donor plasma konvalesen yang dimulai dengan pengecekan rapid test untuk mengetahui nilai reaktif IgG (Immunoglobin G) dan IgM (Immunoglobin M).

Semoga donor konvalesen ini dapat membantu para pasien yang tengah berjuang untuk sembuh dari paparan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close