Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perkuat Nilai-Nilai Pancasila di Tengah Masyarakat, Dosen Unesa Gelar PKM di Desa Ketapanrame

Minggu, 11 Agustus 2024 – 23:48 WIB
Perkuat Nilai-Nilai Pancasila di Tengah Masyarakat, Dosen Unesa Gelar PKM di Desa Ketapanrame - JPNN.COM
Tim Dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Foto: source for jpnn

jpnn.com, MOJOKERTO - Tim Dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

PKM tersebut mengusung tema “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dan Moderasi Beragama Di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis dan Jumat 1-2 Agustus 2024 ini merupakan wujud nyata dari komitmen Unesa dalam mendukung pembangunan masyarakat melalui desa binaan dengan berbagai program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Juga merupakan amanah Tri Dharma perguruan tinggi yakni Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dan moderasi beragama di tengah masyarakat Desa Ketapanrame yang dikenal sebagai desa wisata.

Melalui serangkaian pemberian materi dan diskusi yang dibagi dalam 3 sesi, sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus pada pukul 13.00 WIB hingga 16.00 dengan aparatur Desa dan ibu PKK.

Dilanjutkan pada sesi kedua pada malam harinya dengan pemuda desa pada pukul 19.30 hingga pukul 22.00 dan diakhiri dengan sesi ke 3, keesokan harinya pada tanggal 2 Agustus pukul 09.30-10.30, lewat kegiatan diskusi Rencana Tindak Lanjut (RTL) dengan Kepala Desa dan Ketua BPD.

Kegiatan yang bertempat di Balai desa Ketapanrame ini dilaksanakan oleh Tim dosen dari program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FISIPOL Unesa. Yakni, Dr. Wahyudi, S.Pd, M.Si (Han) sebagai ketua tim yang turut membawakan materi tentang bela negara dan wawasan kebangsaan, Iman Pasu Marganda HP, SH. MH, dengan materi moderasi beragama, Dr. Oksiana Jatiningsih, M.Si, membawa materi gender dan kesetaraan, Dr. Harmanto, M.Pd, dengan materi kebhinekaan, Rahmanu Wijaya, S.H., M.H lewat materi tata kelola desa serta Budi Santosa, M.Si dengan materi Agama dan Pancasila.

Tim Dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA