Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pernyataan Mahfud MD soal Pemilu 2024: Tidak Ada Jalan Mundur

Senin, 21 Agustus 2023 – 22:10 WIB
Pernyataan Mahfud MD soal Pemilu 2024: Tidak Ada Jalan Mundur - JPNN.COM
Menko Polhukam Mahfud MD soal Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mewanti-wanti Polri bersiap untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan baik dan lancar.

“Pemilu dapat hampir dipastikan tidak akan mundur, jalan. Polri semua harus siap untuk mengamankan itu, tidak ada jalan mundur Pemilu 2024,” kata Mahfud.

Hal itu disampaikannya dalam dialog kebangsaan di acara "Strategi Nasional di Bidang Polhukam untuk Antisipasi Dinamika Politik Global (Era Triple Disruption)" di Sespim Lemdiklat Polri, disaksikan dari tayangan YouTube Sespim Lemdiklat Polri di Jakarta, Senin (21/8).

Dia mengibaratkan Pemilu 2024 seperti kereta api yang tidak bisa ditarik mundur atau berbelok seperti layaknya taksi atau angkot, sehingga Pemilu 2024 harus tetap berjalan dan tahapan sudah berjalan dengan baik. Maka, mau tidak mau Polri pun harus siap.

Mahfud menilai isu penundaan Pemilu 2024 hanya digaungkan oleh media sosial tertentu. Namun, tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap polhukam, secara konsisten bakal menjaga pemilu sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada.

Untuk itu, dia meminta supaya kesiapan pengamanan betul-betul dimatangkan, terutama ketika terjadi situasi panas saat pemilu ataupun pascapemilu.

Permasalahan itu menurut Mahfud, tidak hanya bisa muncul dari ketidakpuasan masyarakat dengan pelayanan pemerintah, tetapi juga Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu.

“Perlu diingat, penyelenggara pemilu itu adalah KPU, bukan pemerintah. Pemerintah sekarang hanya fasilitator,” ucapnya.

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut hampir dipastikan pemilu 2024 tidak akan mundur. Dia pun langsung mengingatkan Polri mempersiapkan diri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close