Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perputaran Uang Hanya Tambah 10 Persen

Sabtu, 06 Februari 2010 – 08:07 WIB
Perputaran Uang Hanya Tambah 10 Persen - JPNN.COM
PADANG-- Meski selama ini diyakini para calon yang maju di pilkada menggelontorkan banyak dana untuk kampanye, namun ternyata peningkatan peredaran uang saat pilkada tidaklah signifikan. Di Sumbar misalnya, diprediksi maksimal peningkatan perputaran uang hanya mencapai 10 persen pada saat pilkada digelar serentak tahun ini. Karenanya, momen pilkada menurut Tim Ekonomi Moneter BI Padang tidak terlalu berpengaruh terhadap perekonomian Sumbar secara signifikan.

Ketua Tim Ekonomi Moneter BI Padang, Apep Komarna kepada Padang Ekspres di ruang kerjanya, kemarin menjelaskan argumen prediksinya itu. Dikatakan, pada saat pemilihan calon legislatif (caleg) 2008 saja yang notabene lebih banyak pilkadanya, tingkat peredaran uang di Sumbar kurang dari 10 persen. 

"Saya rasa Pilkada tidak bakal berpengaruh banyak terhadap tingkat peredaran uang di Sumbar. Karena pada saat pemilihan legislatif saja, tingkat peredaran uang di Sumbar kurang dari 10 persen. Padahal saat itu diprediksi akan meningkat di atas 10 persen, karena ada ratusan caleg yang terlibat dalam pertarungan ini," ujar Apep Komarna.

Dijelaskan, hingga menjelang pilkada tahun ini saja, uang yang masuk ke Sumbar, juga tidak meningkat. Hal ini diketahui BI berdasarkan laporan perbankan di Sumbar. Kondisi ini menyiratkan, bahwa dana yang digunakan untuk kampanye para caleg di Sumbar, adalah dana yang berada di perbankan Sumbar. Atau mungkin saja, adanya dana masuk dari luar namun tidak melalui perbankan di Sumbar.

PADANG-- Meski selama ini diyakini para calon yang maju di pilkada menggelontorkan banyak dana untuk kampanye, namun ternyata peningkatan peredaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close