Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Persembunyian Kelompok Al-Shabaab Dikepung, 189 Kombatan Tewas

Sabtu, 23 Januari 2021 – 18:27 WIB
Persembunyian Kelompok Al-Shabaab Dikepung, 189 Kombatan Tewas - JPNN.COM
Anggota Al Shabaab di Somalia. Foto: AFP

jpnn.com, KAMPALA - Prajurit Uganda yang bergabung dengan pasukan misi perdamaian di Somalia mengklaim berhasil menewaskan 189 orang pejuang al-Shabaab yang terkait dengan al-Qaeda.

Keterangan tentara Uganda, Sabtu (23/1), menyebutkan, keberhasilan itu mereka dapatkan saat melakukan sebuah serangan di salah satu kamp pejuang al-Shabaab.

Para prajurit itu adalah bagian dari misi perdamaian Uni Afrika di Somalia, yang bertujuan untuk mendukung pemerintah pusat negara itu dan menghentikan upaya al-Shabaab yang ingin menumbangkan pemerintahan.

Pasukan Pertahanan Rakyat Uganda (UPDF) menyebut dalam sebuah pernyataan bahwa prajurit mereka pada Jumat (22/1) telah mengepung tempat persembunyian al-Shabaab di desa Sigaale, Adimole, dan Kayitoy, yang jaraknya hanya sekitar 100 km arah barat daya Ibu Kota Mogadishu.

"Pasukan melakukan tindakan terhadap 189 kombatan yang terkait al-Qaeda serta menghancurkan sejumlah perlengkapan militer dan barang-barang yang digunakan dalam penyerangan teroris," kata UPDF.

Hingga berita ini disiarkan, belum ada komentar dari pihak al-Shabaab.

Kelompok al-Shabaab, yang bertujuan menggulingkan pemerintahan Somalia dan menerapkan hukum Islam atas penafsiran mereka, menguasai sebagian besar wilayah Somalia hingga 2011--hingga akhirnya diusir keluar dari ibu kota oleh pasukan Uni Afrika.

Meskipun kehilangan wilayahnya, al-Shabaab masih melancarkan serangan bersenjata dan bom, dan seringkali mengklaim jumlah korban yang tidak sama dengan laporan dari pemerintah. (Reuters/antara/jpnn)

Tentara Uganda mengepung persembunyian al-Shabaab menyebabkan 189 kombatan tewas.

Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close